Sabtu, 02 April 2011

Proposal Praktek Kerja Lapangan

PROPOSAL PRAKTEK KERJA LAPANGAN 
ANALISIS SISTEM PENGUMPULAN INFORMASI ANCAMAN KEAMANAN JARINGAN TELEKOMUNIKASI BERBASIS PROTOKOL INTERNET DI ID-SIRTII


Disusun oleh:
Khabib Mustofa
J2F008112


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2010


BAB I 
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Dalam peradaban manusia, kini teknologi informasi berkembang dengan sangat baik. Kemajuan teknologi itu pun semakin menjalar, perangkat teknologi saat ini tidak hanya di pakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan pedesaan, dimana semuanya mungkin sudah dapat mengerti dasar-dasar pemakaian alat teknologi informasi dengan mudahnya. Teknologi informasi sampai dengan saat ini berkembang sangat pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi.
Dalam era persaingan yang semakin kompetitif pada saat ini, setiap organisasi atau pun perusahaan dituntut untuk mempunyai kinerja yang optimal. Tuntutan tersebut dapat dipenuhi dengan peningkatan manajemen organisasi atau perusahaan, termasuk di dalamnya proses inovasi yang berkesinambungan dengan di dukung oleh penggunaan teknologi yang tepat. Salah satu bentuk penerapan teknologi adalah pengelolaan sistem informasi dalam aktivitas suatu organisasi atau perusahaan.
          Suatu sistem merupakan sekelompok unsur yang saling berhubungan erat satu dengan yang lainnya  dan berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam sistem tersebut merupakan himpunan dari unsur atau variabel yang terorganisir, saling tergantung satu dengan yang lainnya, saling berinteraksi dan terpadu. John F. Nash dan Martin B. Roberts menjelaskan bahwa sistem informasi adalah suatu kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen, dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting, dan menyediakan suatu dasar untuk pengambilan keputusan yang cerdik.
           Penerapan sistem informasi dalam perusahaan dibuat untuk memberikan informasi yang bersifat holistik dari sudut padang perusahaan sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber daya perusahaan yang dapat digunakan  secara langsung oleh jajaran eksekutif dan karyawan.  Dengan dukungan sistem informasi yang handal diharapkan dapat memenuhi harapan akan peningkatkan komunikasi,  dapat melakukan identifikasi trend historis lebih tepat, peningkatan efisiensi dan efektivitas perusahaan, rentang pengawasan yang lebih baik, dan dukungan lebih besar untuk pengambilan keputusan manajemen dalam perusahaan.
Rentannya pengamanan sistem informasi dapat menimbulkan ancaman, gangguan dan serangan. Bukan tidak mungkin dengan  rentannya pengamanan sistem informasi juga dapat menimbulkan kerugian ekonomis hingga berhentinya layanan bagi pengguna. Mengingat begitu pentingnya sistem informasi yang dimiliki oleh suatu perusahaan, membuat penulis ingin mengkaji lebih dalam tentang  sistem informasi dan pelaksanaan fungsi layanan informasi terhadap ancaman dan ganguan keamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet yang ada di ID-SIRTII. Oleh karena itu, penulis mengambil “Analisis Sistem Pengumpulan Informasi Ancaman Keamanan Jaringan Telekomunikasi Berbasis Protokol Internet di ID-SIRTII” sebagai judul proposal PKL ini.

2.      Rumusan Masalah

Berdasarkan permasalahan yang telah disampaikan sebelumnya, maka perumusan masalah yang penulis ajukan adalah ”Bagaimanakah sistem pengumpulan informasi ancaman keamanan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet di ID-SIRTII”.

3.      Tujuan Penelitian

Tujuan dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah:
a.   Mengenalkan situasi dunia kerja kepada mahasiswa.
b.  Menambah wawasan dan pengetahuan tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di perusahaan. 
c.  Mendapatkan gambaran nyata mengenai sistem informasi dan pelaksanaan fungsi layanan informasi terhadap ancaman dan ganguan keamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet yang ada di ID-SIRTII.

4.     Manfaat Penelitian

Adapun ruang lingkup pada Praktek Kerja Lapangan (PKL) kali ini menyangkut berbagai hal terkait proses pengumpulan informasi ancaman keamanan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet di ID-SIRTII. Ruang lingkup yang dijadikan perhatian dibatasi pada fungsionalitas tertentu mengingat cakupan materi yang luas serta keterbatasan waktu pelaksanaan PKL.

0 komentar: