Sabtu, 09 April 2011

Mengenal dan Manambahkan Gadget pada Blog


Fitur gadget pada blog merupakan fitur-fitur yang memang dipersiapkan pihak blogspot guna mempermudah pengguna dalam memanfaatkan blog, baik dari segi penulisan (posting artikel, berita, informasi, dan sebagainya) maupun penampilan (penampilan blog sehingga terlihat lebih menarik, tertata, dan lebih mudah pastinya). Blgspot telah menyediakan lebih dari 1000 macam gadget yang dapat kita pergunakan sesuai dengan kebutuhan. Adapun gadget yang diberikan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori seperti dasar-dasar (23 gadget), unggulan (15 gadget), paling populer (4 gadget), dan gadget lainnya (1173 gadget). Untuk lebih jelasnya, teman-teman silahkan simak uraian di bawah ini dan selamat mencoba.

Sebelum mengaktifkan gadget, terlebih dahulu ikuti langkah-langkah berikut: Login ke Dashboard Anda, pilih rancangan, kemudian klik “Tambah Gadget”. 


Berikut adalah daftar gadget dasar-dasar yang telah disediakan oleh pihak blogspot:

  1. Ikuti lewat Email. Gedget ini akan mempermudah pengunjung blog teman-teman (pembaca) dalam mengikuti perkembangan dan perjalana blog kita melalui email.
  2. Entri Populer. Melalui gadget ini, kita dapat membuat widget daftar urutan berdasarkan tingkat kepopulerannya. Adapun penempatannya nanti adalah, entry atau artikel yang paling sering di baca akan ditempatkan paling atas dan seterusnya.
  3. Statistika Blog. Gadget ini dapat dipergunakan untuk menampilkan daftar statistik blog kita. Dengan fitur ini, kita dapat mengetahui jumlah pengunjung blog kita berdasarkan urutan waktu.
  4. Laman. Adapun fungsi dari gadget yang satu ini adalah untuk menambahkan menu tab taru yang nantinya akan diposisikan di bawah loggo header sehingga blog kita akan terlihat lebih menarik dan terkesan lebih elegan. Disamping itu juga, dengan adanya fitur ini dapat mepermudah pengunjung dalam menjelajahi blog kita.
  5. Pengikut. Gadget ini berfungsi untuk menampilkan daftar pengguna atau pengunjung yang mengikuti blog kita. Pengikut akan secara otomatis mengetahui perjalanan atau perkembangan blog kita. Ketika ada postingan baru, pengikut akan segera tahu dan tentunya postingan kita akan langsung tampil di Dashboard si pengikut.
  6. Kotak Pencarian. Dengan adanya gadget ini, pengunjung atau pembaca akan dimudahkan dalam menjelajahi blog kita dan tentunya akan mempercapat pencarian artikel atau postingan yang dibutuhkan sesuai dengan keyword yang dimasukkan.
  7. HTML/JavaScript. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan fungsional pihak ketiga atau kode lainnya ke blog kita. Kode script yang dimaksud dapat bermacam-macam jenis dan bentuknya, ada yang berupa kode iklan, banner, jam, kalender, lokasi, dll.
  8. Teks. Gadget ini mampu menambahkan kata-kata favorit di blog kita. Hal ini seperti sebuah pesan selamat datang, kata-kata mutiara, slogan, dan sebagainya dengan editor teks dari pihak blogspot.
  9. Gambar. Melalui gadget ini, kita dapat menambahkan gambar dari komputer kita atau dari tempat lain di web. Disamping itu juga, kita dapat membuat link tujuan gambar tersebut, contohnya saja teman-teman memiliki posting tentang sebuah tempat, maka teman-teman dapat memasang gambar sebuah tempat tersebut ke blognya teman-teman dengan link yang bertujuan ke postingan yang isinya tentang sebuah tempat tadi.
  10. Tampilan Slide. Dengan Gadget ini kita dapat memunculkan tampilan slide foto di blog kita. Slide yang akan ditampilkan sudah disediakan oleh pihak blogspot sehingga kita tinggal mengaktifkannya. Sebelum mengaktifkan gadget ini, kita juga bisa mengatur jenis tampilan slide-nya nanti seperti apa.
  11. Baris Video. Dengan gadget ini kita dapat menambahkan video klip dari Youtube atau video Google, sehingga para pengunjung dapat menontonnya. Hebatnya lagi, para pengunjung  dapat menonton video tadi tanpa harus meninggalkan halaman posting, kita juga bisa men-setting-nya dengan menggunakan kotak keyword yang tersedia.
  12. Polling. Dengan gadget ini kita dapat melakukan survey terhadap para pengunjung. Dengan adanya survey tersebut kita akan mengetahui sejauh mana daya tarik pembaca terhadap blog yang kita kelola ini, sehingga kita dapat memantaunya secara kualitaf dari isi blog kita.
  13. Daftar Blog. Dengan gadget ini kita dapat menampilkan blog faforit kita. Kita cukup menulis link blog favorit kita, lalu klik tombol tambah. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk mengunjungi blog tersebut, tanpa harus menghafal alamat URL-nya atau mungkin dengan tujuan lain seperti sebagai referensi blog anda.
  14. Daftar Link. Gadget yang ini kegunaannya hampir sama dengan gadget di atas. Namun untuk gadget yang satu ini, yang muncul hanya link-nya saja. Gadget ini dapat anda manfaatkan untuk tujuan tukar link atau sebagai blog roll (link ke teman-teman blogger lainnya).
  15. Daftar. Dengan gadget ini, kita bisa menambah daftar buku kesukaan kita, film kesukaan kita, atau apapun yang memang kita rasa penting untuk didaftarkan ke blog kita.
  16. Feed. Dengan Gadget ini kita dapat menyisipkan feed RSS atau Atom ke blog milik kita.
  17. Newsreel. Dengan gadget ini, kita dapat menampilkan tajuk google news dari blog secara otomatis.
  18. Label. Dengan gadget ini kita dapat menampilkan label/kategori semua postingan yang telah kita buat. Dengan adanya label/ kategori para pengunjung akan merasa lebih mudah dalam mencari artikel yang mereka butuhkan. Contohnya blog anda membahas tentang bisnis. Sedangkan artikel anda banyak sekali yang membahas tentang bisnis, dengan tersedianya gadget label ini, anda dapat mengkategorikan postingan anda, sehingga para pengunjung menjadi mudah untuk menemukan postingan-postingan yang mereka cari. Contoh label yang berkaitan dengan bisnis: Bisnis Sampingan, bisnis online, dll.
  19. Tautan Berlangganan. Dengan gadget ini kita dapat menampilkan fitur langganan sehingga memudahkan para pembaca untuk berlangganan artikel blog kita.
  20. Logo. Fitur ini akan membantu kita dalam menampilka berbagai jenis log Blogger.
  21. Profil. Dengan gadget ini, kita dapat menampilkan profil blogger kita di blog milik kita. Dengan adanya profil blogger, pengunjung dapat lebih mengenal diri kita atau sebagai tanda bukti kepemilikan blog.
  22. Arsip Blog. Kita dapat menampilkan arsip blog kita dengan menggunakan gadget ini. Apa itu arsip? Singkatnya, apabila kita menambahkan gadget ini ke dalam blog kita, maka para pengunjung blog kita, dapat melihat semua daftar postingan kita atau biasanya beberapa blogger menamakan gadget ini sebagai daftar isi, karena memang manampilkan semua isi atau postingan di blog kita.
  23. Header Halaman. Dengan gadget ini kita dapat memodifikasi atau mengatur ulang header blog kita, kita bisa menggunakan gadget ini seperti halnya jika kita ingin memodif header blog dengan menambahkan gambar di dalamnya (sebagai latar atau background).

Berikut ini adalah sebagian gambar gadget dasar telah disediakan oleh blogspot:


Berikut ini adalah sebagian gambar gadget unggulan telah disediakan oleh blogspot:


Berikut ini adalah sebagian gambar gadget populer telah disediakan oleh blogspot:


0 komentar: