Minggu, 10 April 2011

Messi Ungguli Ronaldo

Barcelona - Barcelona masih unggul signifikan atas Real Madrid dalam perebutan titel La Liga musim ini, Lionel Messi pun demikian dalam persaingannya melawan Cristiano Ronaldo untuk gelar El Pichichi.

Dua gol yang dibuat Messi saat Barca menundukkan Almeria 3-1 dinihari tadi menjadikan pemain terbaik dunia itu sudah mengemas 29 gol di musim ini. Ia menyalip Ronaldo walaupun bintang Real Madrid itu juga mengukir (satu) gol untuk membantu timnya menang 3-0 atas Athletic Bilbao semalam.

Yang membuat Messi lebih spesial dari angka itu adalah dia mengumpulkan gol lebih banyak daripada frekuensi bertandingnya. Sejauh ini ia bermain 28 kali -- 27 sebagai starter -- dan mencetak 29 gol. Adapun Ronaldo, ke-28 gol yang sudah ia koleksi dibuatnya dalam 28 kali turun ke lapangan.

Total Messi sudah bermain 45 kali di semua kompetisi di musim ini, dan ia telah menghasilkan 47 gol (plus 23 assist). Ia bahkan sudah menyamai torehannya di musim lalu ketika ia menjadi top skorer, baik kompetisi domestik maupun Eropa. Kala itu ia menjadi El Pichichi dengan 34 gol dan total 47 gol untuk meraih Sepatu Emas.

Meskipun masih sedikit kalah produktif dari Messi, Ronaldo menunjukkan peningkatan ketajamannya di musim ini. Di musim lalu ia menorehkan 26 gol di La Liga dan mendulang total 33 gol di semua kompetisi dari 35 pertandingan. Di musim ini pemain internasional Portugal itu sudah mengumpulkan 40 gol dari total 44 laga.

Di level klub, Barcelona saat ini memberi jarak delapan poin pada Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol, dengan sisa tujuh partai. Musuh abadi itu, dan juga Messi-Ronaldo, akan bertempur dua kali berturut-turut di pekan depan, yakni di liga (16/4) dan final Copa del Rey (20/4). Mereka bahkan kemungkinan besar akan berduel pula di semifinal Liga Champions. ( a2s / roz )

0 komentar: